Agile Trikom Dan Trilogi Sebagai Ruh Gerakan IMM Elmacife


Oleh: Muhammad Alwi Shihab

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Elmacife Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya telah melandaskan “Agile Trikom Dan Trilogi” sebagai dasar untuk gerakanya dalam periode 2022/2023. Sebagai sebuah organisasi tentu penting untuk memiliki sebuah landasan atau dasar dalam pergerakanya, IMM Elmacife sendiri menyadari hal tersebut sehingga ketika perumusan landasan tersebut IMM Elmacife melakukan diskusi intens dengan seluruh struktur pimpinan dan orang yang terlibat (Anggota, Kader dan Partisipan)  “Agile Trikom Dan Trilogi” sendiri dirumuskan pada saat Musyawarah Komisariat PK. IMM Elmacife yang terselenggara pada tanggal 23-25 September 2022 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Pengertian "Agile Trikom Dan Trilogi"

Agile

Agile adalah sebuah metodologi dalam pengembangan software perangkat lunak yang didasarkan pada proses pengerjaan berulang yang terdiri dari aturan dan solusi yang sudah disepakati. Metode ini juga dilakukan dengan sistem kolaborasi antar tim secara terstruktur dan terorganisir.

Trikom (Tiga Kompetensi Dasar)

Trikom atau Trikoda adalah singkatan dari Tri Kompetensi Dasar yang memiliki arti Tiga Kompetensi Dasar, Tiga Kompetensi Dasar tersebut menjadi salah satu bagian dari idiologi IMM, Tiga Kompetensi Dasar Tersebut Berisi 3 Poin Yakni: Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas. Tiga Kompetensi Dasar ini sebenarnya adalah acuan bagi para kader IMM bahwa kader IMM harus memiliki kompetensi dalam Tiga hal tersebut.

Trilogi

Dijelaskan di dalam KBBI Trilogi adalah tiga hal yang saling bertaut dan saling bergantung, Trilogi di dalam IMM berisi tentang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Kemasyarakatan dalam Trilogi ini IMM ingin menegaskan bahwa IMM bergerak di dalam Tiga fokus yang telah di tulis dalam Trilogi tersebut.

Agile Trikom dan Trilogi

Agile Trikom dan Trilogi yang dijadikan landasan atau GBHI (Garis Besar Haluan Ikatan) Memiliki arti Melaksanakan kegiatan yang bermuatan Trilogi (Keagamaan, Keilmuan dan Kemasyarakatan) secara berulang dan terorganisir untuk meng-upgrade Kader yang dapat memenuhi kompetensi yang ada dalam Trikom (Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas).

Mengapa "Agile Trikom Dan Trilogi"?

Tentu dalam perumusan tersebut ada banyak sekali kepala yang saling memaparkan opini dan pendapatnya, semuanya memiliki landasan dan analisis masing-masing, namun dalam diskusi tersebut yang saat itu dipimpin oleh IMMawan Adam Fajar Setiawan (Ketua IMM Elmacife 2021/2022) berlangsung dengan khidmat dan dapat menyatukan seluruh gagasan menjadi satu.

Beberapa landasan dan analisis yang dipaparkan oleh IMMawan dan IMMawati IMM Elmacife meliputi:

  • Kurangnya rasa cinta ikatan pada diri kader, hal tersebut terjadi karena kurang kuatnya idiologi kader dan rasa kekeluargaan yang mereka rasakan, opini tersebut membawa teman-teman IMM Elmacife lebih sadar bahwa dalam perjalanan mereka selama satu tahun kebelakang sangat kurang dalam melakukan kaderisasi.
  • Kurangnya budaya intelektual di IMM Elmacife, dalam perjalanan IMM Elmacife kebelakang kesadaran IMMawan dan IMMawati Elmacife terkait intelektual cukup kurang hal tersebut dikarenakan orientasi yang IMMawan dan IMMawati dapatkan tentang intelektual sangatlah kurang.
  • Kurangnya kesadaran humanisme di IMM Elmacife, banyak tragedi penindasan dan ketidak adilan terjadi namun IMM Elmacife hanya membantu yang tertindas dan kurang dalam melawan ketidak adilan.

Harapan Terhadap “Agile Trikom Dan Trilogi”

IMM Elmacife berharap besar dengan landasan yang telah di gagaskan, mereka berharap mampu menanggulangi dan menyelesaikan kekurangan yang terjadi di periode lalu, utamanya dalam penanaman idiologi, IMM Elmacife berharap mampu menguatkan idiologi IMM pada setiap kader dan menanamkan kekeluargaan yang sudah menjadi ciri khas IMM Elmacife. Kemudian IMM Elmacife juga berharap besar di periode ini dapat memaksimalkan pergerakanya di Tiga lini yang disebutkan di dalam trilogi yakni: Keagamaan, Kemahasiswaan dan Kemasyarakatan, dengan maksimalnya pergerakan IMM Elmacife di 3 lini tersebut, harapanya Kader dapat melengkapi kompetensinya seperti yang tertulis di dalam Trikoda/Trikom yakni: Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url