Meriahkan Idul Adha, IMM UNESA Adakan Bakti Sosial di Desa Mojogede: Wujud Nyata Pengabdian Mahasiswa

Oleh: Almas Faizullah Taqiudin (Kader PK IMM Heksos)

Gresik,- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UNESA mengadakan kegiatan bakti sosial memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H, bertempat di Desa Mojogede, Balongpanggang-Gresik. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Juni 2024.

Bertemakan “Berbagi dan mengabdi membangun masyarakat madani”, acara tersebut diikuti oleh pengurus dan kader IMM UNESA. Warga nampak sangat antusias dalam menyambut dan mengikuti rangkaian acara tersebut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya melakukan kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban, para mahasiswa juga mengadakan permainan edukasi untuk anak-anak TPA Al-Hasan dan Mengadakan pengajian umum untuk Warga Desa Mojogede.

“Muhammadiyah itu bukan hanya sekedar organisasi saja, melainkan juga harus kita upayakan sebagai gaya hidup warganya. Dan, program-program seperti ini harus terus diistiqomahkan, semoga juga bisa menjadi contoh bagi pemuda-pemuda lain di luar sana..” Ujar Dr. Samsul Shodiq M,Pd, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Gresik sebagai pemateri pengajian umum yang diadakan oleh pengurus IMM UNESA.

Terdapat hal berbeda dan unik dalam tausyiah yang disampaikan oleh Pak Samsul, beliau tidak hanya menyampaikan nasehat dan pesan-pesan kebaikan melainkan juga menyanyikan satu syair berbahasa Jawa yang berisi tentang kalimat-kalimat pujian dan pesan-pesan kebaikan Muhammadiyah.

Sejatinya, tridharma mahasiswa mengandung 3 pilar (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian), begitu pula dengan tri kompetensi IMM (Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas). Tegasnya, pengabdian dan Kemasyarakatan selalu menjadi akhir dan penutup dalam tiap Tiga pilar, menandakan bahwa Pengabdian adalah uji kelayakan seorang mahasiswa sebagai kaum intelektual yang mengabdi pada masyarakat. Melalui program-program sederhana seperti bakti sosial, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan Kampus mengajar mahasiswa.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url