Gelar Rapat Koordinasi dan Capacity Building, IMM Heksos : “Membangun Organisasi dengan Hati, Cinta, dan Rasa Memiliki”


 

Oleh: Almas Faiz (Kader PK IMM Heksos)

Mojokerto,- Pimpinan Komisariat Ikayan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Heksos UNESA mengadakan kegiatan Capacity Building dan Rapat Koordinasi di Puncak  Villa Trawas, Selasa-Rabu (30-31,7,24)

Kegiatan tersebut diadakan oleh PK IMM Heksos, dihadiri oleh pengurus dan beberapa kader dari komisariat tersebut. Menyuguhkan tema menarik “Meneguhkan hati dan melaju dengan Kesejukan, Kesantunan, dan Keadaban”


Acara diawali dengan sambutan oleh Iqbal Firmansyah, Ketua Umum PK IMM Heksos dan M. Ammirul Haq selaku Perwakilan Koordinator Komisariat IMM UNESA. 

Dalam sambutannya Iqbal Firmansyah selaku Ketua Umum PK IMM Heksos berpesan untuk seluruh pengurus dan kader tetap semangat dalam membawa organisasi ke arah yang lebih baik lagi. “Semoga dengan segala upaya yang telah kita lakukan mampu membawa kita lebih baik kedepannya, karena sejatinya manusia yang beruntung adalah yang lebih baik dari hari kemarin.” Ujar Iqbal Firmansyah.

“Muhammadiayah merepresentasikan dirinya sebagai matahari, filosofi dari matahari adalah sebagai harapan yang menyinari dunia. Oleh karenanya, mari kita menjadi seperti matahari.” Ujar Ammirul Haq dalam sambutannya.


Effective Communication dan Sense of Belonging menjadi materi yang disajikan dalam Capacity Building oleh para pemateri yang luar biasa, berpengalaman dalam berbagai organisasi.

“Berorganisasi adalah berkomunikasi dalam satu kurun waktu yang sama untuk mencapai sebuah tujuan yang satu, antara ketua terhadap anggota, pun sesama anggota. Komunikasi yang baik dan efektif menunjang kebaikan dalam organisasi dalam mencapai tujuan bersama.” Ujar Ayudya Nova, Pemateri “Effective Communication”

Komunikasi dalam organisasi layaknya sebuah Jantung yang memompa aliran informasi dari ketua kepada seluruh anggotanya dan menampungnya dalam sebuah aksi nyata untuk mewujudkan tujuan bersama.


“Sense of belonging atau rasa memiliki harus dimiliki oleh setiap anggota organisasi. Diwujudkan dengan rasa tanggungjawab atas semua kewajiban. Dan kegiatan pengkaderan itu tidak hanya menjadi tanggungjawab bidang pengkaderan saja, melainkan seluruh anggota dalam organisasi.” Ujar Aida Meilina S.Pd, pemateri “Sense of belonging”

Rasa memiliki dalam organisasi adalah cinta. Rasa tanggungjawab terhadap kewajiban adalah cinta. Rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan adalah cinta. Hadirkan cinta dalam berorganisasi, milikilah organisasi sebagai keluarga, karena rasa cinta tak dicari tetapi dihadirkan.


Rapat koordinasi dihadiri oleh pengurus internal komisariat, membahas terkait evaluasi program kerja yang telah terlaksana dan yang belum terlaksana. Tidak hanya itu dalam rapat koordinasi juga membahas tentang pemekaran komisariat baru di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).



Karena memang PK IMM Heksos Unesa terdiri dari tiga fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ekonomika Bisnis (FEB). Oleh sebab itu perlu untuk dimekarkan agar dakwah IMM ini meluas.

Penuh harap, dengan pemekaran komisariat baru ini akan menunjang keberlangsungan dakwah IMM dikalangan Mahasiswa lebih-lebih di masyarakat luas.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url